HomeGaya Hidup10 Tips Pola hidup Sehat ala Okinawa, Jepang

10 Tips Pola hidup Sehat ala Okinawa, Jepang

Gaya Hidup 0 0 likes share

kabarblora.com – Tak dapat dipungkiri, setiap orang pasti berharap tubuhnya sehat. Namun seiring dengan kesibukan beraktifitas, terkadang kita sendiri menjadi sering lupa menjalani hidup sehat yang mana ini sangat berguna.

Banyak dari kita menganggap pola hidup sehat adalah pola hidup yang sulit dijalani. Namun sebenarnya, ada banyak cara yang mudah dilakukan dan pastinya akan membantu kamu untuk menjadi lebih sehat.

Bersumber dari buku The secret of Okinawa, dibawah ini ada 10 tips pola hidup sehat ala Okinawa yang bisa kamu lakukan dan pastinya sangat mudah diterapkan dimana saja, terlebih di Indonesia.

1. Anda tidak perlu mengatur sedetail mungkin sebagaimana yang dimakan masyarakat Okinawa, tapi cukuplah model diet ala okinawa menjadi patokan untuk melakukan diet.

2. Apabila anda tidak menemukan makanan bahan-bahan makanan ala okinawa, anda tak perlu membuang atau menggagalkan program anda keseluruhan. Tetapi anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat yang sama.

3. Aturlah menu makanan anda. Mengatur makanan tidak perlu terlalu rumit dan menyusahkan diri sendiri. Tapi cukup dipastikan bahwa yang anda makan mengandung beraneka Vitamin, mineral dan serat.

4. Atur pola makan anda. Jangan anggap dengan tidak makan misalnya di pagi hari, anda terus sehat. Tubuh justru akan meminta lebih banyak di malam hari. Lantas gemuklah anda bila ini terus terjadi. Makan teratur justru menstabilkan berat badan.

5. Mengendalikan keinginan. Ketika anda berbelanja atau hendak makan diluar rumah, mampirlah ke tempat anda bisa mendapatkan makanan sehat. Jangan berhenti ditempat makanan dengan porsi jumbo, juga hindari keinginan untuk membeli makanan dengan kandungan lemak berlebihan.

6. Lakukan diet dengan variasi makanan. Misalnya mengkonsumsi ikan sedikitnya tiga kali seminggu, mengkonsumsi makanan yang kaya flavonoud secara memadai 1 ounce (28,35 gram) kacang setiap minggu dan sayur setidaknya 5-6 porsi sehari. Dantidak kalah penting adalah kurangi gula atau ganti dengan pemanis yang diizinkan.

7. Berhentilah makan sebelum kenyang. hal ini sering terlupakan oleh kebanyakan orang, makan sebelum kenyang bisa diidentifikasi ketika anda makan telah kenyang, maka berhentilah.

8. Minum air putih sebanyak mungkin dalam sehari. Hal ini untuk mengurangi dehidrasi dan mencegah panas dalam atau sariawan.

9. Hindari tidur atau posisi terlentang setelah makan. Hendaknya anda tidak tidur minimal 10-15 menit setelah makan.

10. Sebisa mungkin lakukan aktivitas yang melibatkan gerak tubuh yang banyak. Misalnya jalan kaki, atau aktivitas lain yang menyehatkan dan membantu membakar lemak dalam tubuh anda.

Dari 10 tips hidup sehat ala Okinawa ini bisa anda lakukan kedalam kebiasaan dan pola hidup anda. Maka tidak ada yang tidak mungkin dan semua pasti bisa melakukannya. Memang terkadang cita-cita dan harapantidak selalu sama dengan kenyataannya, namun apabila anda berusaha dengan gigih dan disiplin, maka persoalan diet dan harapan sehat dengan usia panjang ini bisa terlampaui. Pastkan diri anda adalah orang pertama yang melakukan pola dan gaya hidup ala Okinawa, dan lihatlah apa yang terjadi!

 

 

Facebook Comments