HomeEkonomi Bisnis30 Warga Blora Ikuti Pelatihan Ternak Ayam Joper Program Kemendes PDTT

30 Warga Blora Ikuti Pelatihan Ternak Ayam Joper Program Kemendes PDTT

kabarblora.com – Terdiri dari 30 warga Blora dari Desa Gadu, Desa Sambong dan Desa Temengeng Kecamatan Sambong ikuti pelatihan ternak ayam Jawa Super (Joper) program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta di Balaidesa Gaduh. Senin, (18/3).

“Sejak 2017 kami mulai melakukan pelatihan ternak Ayam Joper ini di Blora. Ternak Ayam Joper sangat cocok dikembangkan karena mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya mudah beradaptasi dengan lingkungan, lebih tahan terhadap penyakit, pertumbuhan lebih cepat, harga relatif stabil dan rasa dagingnya hampir sama dengan ayam jawa asli,” kata Kabid penyelenggaraan BBLM Yogyakarta, M Hery Salugu.

Menurutnya, permintaan pasar yang cukup tinggi terhadap daging ayam kampung (jawa) membuat budidaya ternak unggas jawa super sangat terbuka pasarnya untuk dikembangkan di masyarakat, khususnya masyarakat desa.

“Kami dari BBLM Yogyakarta siap mendukung pengembangan Prukades lewat ternak Ayam Joper ini. Selain di Blora, hal yang sama juga kami lakukan di Kulonprogo, dan Nusa Tenggara Barat,” lanjutnya.

Wabup Arief Rohman yang hadir saat membuka pelatihan ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada Presiden, Kemendes PDTT dan BBLM Yogyakarta.

“Kami mewakili Bapak Bupati dan atas nama Pemerintah Kabupaten Blora mengucapkan terimakasih kepada Bapak Presiden, Bapak Menteri Desa dan Kepala BBLM Yogyakarta yang terus memberikan pelatihan Prukades dalam bentuk ternak Ayam Joper. Ini merupakan salah satu wujud program pemberdayaan masyarakat untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Semoga pelatihan tahun ketiga ini berhasil dan bisa menekan angka kemiskinan serta pengangguran,” ungkapnya.

“Yang sudah berhasil pada pelatihan tahun pertama dan tahun kedua saya minta bisa ikut mendampingi peserta tahun ketiga ini. Tularkan ilmunya agar lebih banyak lagi yang bisa mengembangkan ternak ayam joper. Peternak lain itu bukan kompetitor, namun rekan bisnis,” lanjutnya.

Secara simbolis acara dibuka oleh Wabup Arief Rohman dengan mengalungkan tanda kepada salah satu peserta. Pelatihan ini akan berlangsung selama lima hari mulai Senin (18/3) hingga Jumat (22/3).

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMD Sri Widjanarsih, Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Suryanto, Kabag Humas Protokol Setda Blora, perwakilan Bappeda, Forkopimcam Sambong dan Kepala Desa setempat.

Facebook Comments