HomeNews5 Menit untuk 5 Tahun, Tentukan Pemimpin Daerahmu Hari Ini!

5 Menit untuk 5 Tahun, Tentukan Pemimpin Daerahmu Hari Ini!

News 0 1 likes 964 views share

kabarblora.com – 16 Kecamatan se-Kabupaten Blora menggelar pencoblosan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 serentak pada hari rabu (27/06).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora Arifin S.Ag. mengingatkan kepada warga Blora bahwa sebelum berangkat mencoblos hari ini, pastikan dulu Anda telah membawa formulir C6-KWK alias formulir yang berisi surat pemberitahuan waktu dan tempat pemungutan suara.

“Dalam formulir C6 tertera nama pemilih, nomor urut pemilih, Tempat Pemungutan Suara (TPS), nama desa atau kelurahan, dan kecamatan,” jelas Arifin.

Selain itu, siapkan KTP elektronik atau e-KTP untuk dibawa ke TPS. Jika belum memiliki e-KTP, Anda boleh membawa formulir C6 saja. Lanjut Arifin, TPS dibuka pada pukul 07.00 WIB dan ditutup pada pukul 13.00 WIB. Walaupun diberi waktu sampai siang, proses memilih sebetulnya tak perlu waktu lama, sekitar 5 menit.

Sementara itu Divisi Pemutakhiran Data Pemilih Dra. Ita Sadrini mengatakan Jika ternyata ada yang tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan sudah mengecek secara online dan offline soal status DPT namun tidak ada nama yang bersangkutan, tidak perlu khawatir. Yang bersangkutan masih tetap bisa memberikan hak suara di Pilkada 2018 sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). “Syaratnya agar bisa tetap memilih, pemilih yang demikian perlu membawa e-KTP atau surat keterangan dari Dinas Dukcapil. Tentu saja ini untuk memastikan bahwa Anda benar-benar memiliki hak suara,” ucap Ita Sadrini.

Lanjutnya, Petugas KPPS di TPS akan mengecek apakah yang bersangkutan memang belum terdaftar di DPT. Petugas juga akan memastikan e-KTP atau surat keterangan dari Dinas Dukcapil sesuai dengan alamat TPS di tingkat RT/RW. Jika semua sudah terverifikasi sebagai pemilih tambahan, yang bersangkutan hanya tinggal menunggu dipanggil saja.

“Pemilih yang demikian baru dapat menggunakan hak suara pada pukul 12.00-13.00 waktu setempat. Apabila surat suara sudah habis di TPS tersebut, pemilih akan diarahkan untuk mencoblos di TPS terdekat dalam kelurahan yang sama,” pungkasnya.

Sementara, untuk meningkatkan partisipasi penggunaan hak pilih, banyak cara dilakukan oleh KPPS, diantaranya dengan mendekorasi TPS dengan atribut Piala Dunia seperti yg dilakukan di TPS 1 Desa Jegong Kec Jati. Ada pula KPPS yg menggunakan seragam adat seperti di beberapa TPS di wilayah Kecamatan Cepu, Kedungtuban dan Banjarejo.

Bahkan di TPS 1 Desa Kalangrejo Kunduran melengkapi dekorasi TPS-nya dengan atribut keraton. Sedangkan di TPS lokasi Kampung Sikep, seluruh KPPS menggunakan seragam pakaian adat sikep.

Berdasar pantaun di lapangan, hingga pukul 10.00 penggunaan hak pilih di TPS rata-rata sudah sampai dikisaran 60% dari pemilih terdaftar. (timkb/KPUD)

Facebook Comments