HomeNewsCagub Jateng 2018 Ganjar Pranowo Bercerita Soal Masyarakat Kendeng dan Kemenangan Pabrik Semen

Cagub Jateng 2018 Ganjar Pranowo Bercerita Soal Masyarakat Kendeng dan Kemenangan Pabrik Semen

News 0 0 likes 725 views share

kabarblora.com – Pro kontra penambangan di kawasan Kendeng akhirnya muncul sebagai salah satu bahasan dalam debat terbuka terakhir pilgub Jateng 2018, Kamis (21/6) malam.

Foto: Capture Streaming Youtube KompasTV

Cagub Jateng 2018 Ganjar Pranowo menyadari bahwa kegiatan penambangan di kawasan Kendeng sudah lama menjadi permasalahan selama dirinya memimpin Jateng. Namun menurutnya ada kesalahan informasi yang diterima masyarakat.

“Kalau dikaitkan dengan penambangan dan mungkin video ini diarahkan pada (pembangunan) pabrik semen di Pati, sampai hari ini tidak ada (pabrik) semen yang berdiri. Sampai kemudian ada gugatan di masyarakat, dan pabrik semennya yang menang,” ujar Ganjar dalam debat seperti yang disiarkan Kompas TV secara langsung (LIVE).

Di sisi lain, Ganjar Pranowo menjamin warga yang tinggal di kawasan Kendeng tak akan kekurangan air akibat kegiatan penambangan.

Menurutnya, dalam kondisi darurat yang dibutuhkan bagi warga ada keberadaan sumur dalam. Selain itu ada pembangunan sembilan waduk di Jawa Tengah untuk menampung ketersediaan air.

“Kalau harapan masyarakat Pati (tidak ada pabrik semen), track itu sudah ada, bahkan sudah diproses melalui hukum. Itu informasi yang kita berikan, jangan sampai menjadi keliru,” ucap Ganjar.

Pasangan Ganjar Pranowo di Pilgub Jateng 2018, Taj Yasin menambahkan, bahwa sejak tahun lalu pemprov Jateng telah mencanangkan 1.000 embung untuk penyediaan air bersih.

“Di pesantren juga sejak tahun 90-an, Kiai Haji Maimoen Zubair sudah mengajarkan kita untuk membangun sumber air bersih,” kata Yasin. (timkb)

Facebook Comments