HomeNewsCicipi Kerupuk Seblak dari Blora, Cocok untuk Camilan Bulan Ramadan

Cicipi Kerupuk Seblak dari Blora, Cocok untuk Camilan Bulan Ramadan

News 0 3 likes 149 views share

kabarblora.com – Pernah makan kerupuk seblak? Jika belum, mungkin tidak ada salahnya mencicipi kerupuk seblak dari Blora, Jawa Tengah ini untuk camilan saat berbuka dan sahur di bulan Ramadan.

Penjualnya bernama Sofia Citra (20) dan camilan tersebut dapat dijumpai di jalan Mr Iskandar No2 Blora, tepatnya terletak di depan koplakan sebuah distro (toko baju), tempat wanita itu bekerja.

Citra mengaku jualan camilan tersebut agar dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dia bilang, sekedar jadi buruh distro tidaklah cukup apabila tidak memutar otak sambil jualan kerupuk seblak.

“Karena kebetulan saya penggemar bikin kuliner, saya punya ide untuk jualan kerupuk seblak. Usaha inilah tambahan untuk memenuhi kebutuhan saya dan keluarga kecil saya,” ungkap Citra ketika ditemui kabarblora.com, Senin (4/52020).

Situasi pandemi Covid-19 serba sulit secara global, termasuk dari sisi perekonomian masyarakat dalam mencari nafkah dan untuk mempertahankan dapur kebutuhan sehari-hari.

Dari jualan camilan tersebut, Citra mengaku dapat menghasilkan pemasukan sekitar Rp400 ribu-an. Terkadang mendapatkan lebih dan terkadang kurang alias tidak tentu setiap bulannya.

“Lumayanlah untuk penghasilan tambahan, saya kerjanya serabutan untuk memenuhi kebutuhan,” ujar Citra.

Aktifitas sehari-hari Citra setelah pulang dari toko baju itu, jika pas mendapatkan pesanan dirinya terbiasa langsung cekatan untuk mengerjakan kerupuk seblak agar konsumen tidak menunggu ketika pesan.

“Pagi biasanya saya bawa ke distro,” ucap Citra, mengaku dikemasan kerupuknya itu ada sticker tulisan ‘Seblak Saya Sambil Jaga Distro’.

Bahan untuk membuat kerupuk seblak memakai kerupuk kecil warna-warni dan proses membuatnya terbilang cukup mudah.

Citra mengatakan, membuat krupuk seblak prosesnya ada cabe bubuk (serbuk), bawang merah, bawang putih, dan ada bumbu-bumbu rempah lainnya.

“Setelah siap semua bahan, kerupuknya saya redam selama 20 menit di dalam minyak goreng. Setelah itu goreng dengan api kecil hingga mengembang,” kata dia.

“Caranya haluskan bumbu tumis hingga kering lalu tiriskan. Begitulah proses cara saya membuat kerupuk seblak ini,” Citra menambahkan.

Disisi lain, Puji (22) salah satu pelanggan krupuk seblak tersebut mengaku, rasanya menggugah selera untuk camilan sehari-hari apalagi saat sedang berbuka dan sahur.

Dijelaskannya, berbagai varian rasa kerupuk semua ada. Baik seblak rasa balado, pedas manis, original dan level-nya dapat di pesan sesuai permintaan.

“Krupuk ini bisa jadi cemilan sehari-hari dan juga bisa di pakai lauk makan. Kalau bulan puasa seperti ini cuman bisa makan pas waktu buka sama sahur. Rasanya pengen ngemil kerupuk seblak terus karena enak rasanya,” ucap Puji. (Red-Amel Meila)

Facebook Comments