HomeEkonomi BisnisDinas Peternakan dan Perikanan Blora Panen Pedet 400 Ekor Hasil Inseminasi Buatan

Dinas Peternakan dan Perikanan Blora Panen Pedet 400 Ekor Hasil Inseminasi Buatan

Ekonomi Bisnis Jawa Tengah Komunitas Nasional News Pemerintahan Peristiwa Suara Warga 0 0 likes share

kabarblora.com – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakikan) Kabupaten Blora, melakukan kegiatan Pesta Patok/ Panen Pedet (anak sapi) Tahun 2018 yang bertempat di lapangan sepakbola di Desa Palon, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Rabu, (28/11) pukul 09.00 WIB. Peserta terdiri dari para peternak sapi hasil program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) Tahun 2017 dan 2018 dari berbagai desa sekitar meliputi Desa Palon, Desa Semampir, Desa kemiri, Desa Turirejo Kecamatan Jepon.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ir. Wahyu Agustini, SE, M.Si menjelaskan bahwa tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah untuk mempromosikan produk peternakan unggulan daerah, khususnya ternak sapi potong, di mana Kabupaten Blora mempunyai populasi terbanyak di Jawa tengah sejumlah 231.045 ekor.

“Ya, selain turut mensukseskan program nasional Upsus Siwab di Kabupaten Blora, acara ini juga sebagai wahana pembinaan dan memotivasi peternak sapi potong,” kata Wahyu Agustini, Rabu (28/11).

Menurut Wahyu Agustini, Upsus Siwab sudah berlangsung selama 2 tahun ini. Tahun 2018 ini target Upsus Siwab sebesar 100.000 akseptor, dengan realisasi sampai akhir September 2018 ini sudah mencapai 100 persen. Pada tahun 2018 ini Disnakikan Kabupaten Blora meminta alokasi tambahan untuk bulan Oktober hingga Desember 2018 sebesar 36.000 dan disetujui sebesar 28.000.

Saat memberikan sambutan, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah Ir. Agus Wariyanto, SIP, MM yang turut hadir di acara Pesta Patok/Panen Pedet, secara khusus mengapresiasi Bupati Blora beserta seluruh jajarannya, para peternak, para inseminator, yang sudah menunjukkan kinerja dalam rangka pengembangan sapi potong khususnya program Upsus Siwab.

“Kami memang secara khusus hadir di Kabupaten Blora, karena disini merupakan sentra populasi sapi tertinggi untuk sapi potong di Jawa Tengah. Luar biasa. Untuk populasi sapi potong di Jawa Tengah sekitar 1,7 juta ekor. Untuk Kabupaten Blora sendiri sudah tercatat 231 ribu ekor. Sehingga kita patut berbangga karena kita mempunyai potensi yang luar biasa untuk membangun ekonomi kerakyatatan berbasis pengembangan sapi potong,” tandas Ir. Agus Wariyanto.

Acara pesta patok/panen pedet sebagian hasil program Upsus Siwab Tahun 2017 dan 2018 di wilayah Desa Palon dan sekitarnya, juga dibarengi dengan pengobatan massal untuk kuranglebih 400 ekor pedet (anak sapi) hasil program Upsus Siwab melalui sistem perkawinan Inseminasi Buatan (IB) di Desa Palon Kabupaten Blora.

Salah seorang peternak, Juri (45) warga Desa Palon yang turut acara pesta patok/panen pedet sewaktu ditemui wartawan di lapangan mengatakan sangat puas dengan adanya program Upsus Siwab yang dilakukan.

“Sangat puas, Mas, baru disuntik Pak Mantri sekali saja sudah bunting. Kesehatan sapi saya juga bagus,” ungkapnya sambil menunjukkan induk dan anakan sapinya.

Di tempat yang sama, dalam arahannya, Bupati Blora menyampaikan terimakasih kepada Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah serta semua pihak dan masyarakat.

“Alhamdulillah, saiki sapi ning kene anake 400. (Puji syukur kepada Tuhan, sekarang sapi di sini anaknya 400 ekor). Ayo podho maju, ndang podho sugih. Piye carane ngurangi tingkat kemiskinan. (Ayo, sama maju, segera sama kaya. Bagaimana cara mengurangi tingkat kemiskinan). Salah satunya ya lewat pengembangan sapi. Ning kene cocoke yo sapi. (Di sini cocoknya ya sapi). Sing penting njenengan paham bahwa semua ini buat kesejahteraan njenengan. (Yang penting Anda paham bahwa semua ini untuk kesejahteraan Anda). Bapak-ibu semua harus bekerja dengan baik. Semua kebijakan pemerintah bantuan harus kita manfatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat,” tandas Bupati dua periode ini.

Selaras yang disampaikan Bupati, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora juga berharap agar acara ini membawa berkah bagi semuanya, yaitu Pemerintah Kabupaten Blora dan peternak di seluruh pelosok Kabupaten Blora.

“Dengan Pesta Patok/Panen Pedet tahun 2018 kita sukseskan Program Nasional Upsus Siwab di Kabupaten Blora.  Semoga peternakan Blora kembali berjaya di Indonesia,” pungkas Wahyu Agustini.

Selain Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Bupati Blora dan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora, hadir pula dalam acara Pesta Patok/Panen Pedet para pendamping UPSUS SIWAB Pusat dan Provinsi, Sekretaris Daerah Kabupaten Blora, Asisten II Sekda Kabupaten Blora, Kepala Dinas/Badan/Bagian, Camat Jepon dan Camat Se-Kabupaten Blora, Danramil Jepon, Kepala Desa Palon, Semampir, Kemiri dan Turirejo, Ketua BUMDESMA Berkah Jaya, Berkah Usaha, Mitra Usaha Sejahtera, Ketua Komunitas Sapi Indonesia (KSI) Blora, para Inseminator Se-Kabupaten Blora dan masyarakat desa Palon. (*)

Facebook Comments