HomeSosialFakultas Filsafat UGM Angkat Film Pendek Difabel Blora Mustika

Fakultas Filsafat UGM Angkat Film Pendek Difabel Blora Mustika

Sosial Suara Warga 6 0 likes share

kabarblora.com – Kanal Pengetahuan dan Informasi Fakultas Filsafat UGM membuat film pendek Difabel Blora Mustika. Film pendek berdurasi hampir 10 menit ini berjudul “Potret Manusia Perkasa” mengangkat Pak Ghofur dan Pak Kandar yang ingin menyampaikan pesan untuk pemerintah.

Menurut Ghofur (Penyandang Disabilitas) “Tidak semua orang itu bisa menerima difabel, banyak orang beranggapan difabel itu adalah sampah masyarakat”.

“Kita sendiri harus bangkit dari stigma, kesedihan yang paling dalam. Seorang difabel kalau tidak bangkit dari stigma setiap hari terkurung di kamar, bahkan tidak dianggap keluarganya.”

Dalam film tersebut juga menggambarkan kegiatan positif Komunitas Difabel Blora Mustika dalam membatik. Hal ini dilakukan untuk memperoleh tambahan pendapatan bagi penyandang disabilitas, mengingat hampir tidak ada lowongan pekerjaan untuk difabel di Blora. Semua proses pengerjaan membatik dilakukan oleh anggota DBM.

Menurut Sofan (produser film pendek tersebut)” Harapannya film pendek ini menginspirasi dan menyadarkan, karena mereka yang terbatas mampu sadar, bangkit, dan berkarya ditengah stigma masyarakat tentang difabel”.

Pemerintah masih kurang dalam memperhatikan difabel, menurut Ghofur “banyak kasus difabel tidak punya KK, KTP, termasuk soal pekerjaan”.

Menariknya Pak Kandar yang tak memiliki dua tangan dapat membatik, menaiki sepeda, menggunakan motor, dan melakukan aktivitas seperti manusia normal.

Sebelumnya tim KPI Filsafat UGM mengambil sebagian film pendek tersebut untuk memperingati hari batik nasional 2 Oktober 2017.

Facebook Comments