HomeNewsGenerasi Millenial, Generasi Emas Blora

Generasi Millenial, Generasi Emas Blora

News Pendidikan Suara Warga 0 1 likes 1.1K views share

kabarblora.com – Hari kedua Perkaderan Himpunan Mahasiswa Islam, (LK 1) yang diadakan di Kelurahan Mberan Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Hari Sabtu 3 Maret 2018.

Peserta yang terdiri dari puluhan mahasiswa – mahasiswi di berikan Materi Kepemimpinan Manajemen Organisasi (KMO). Materi ini adalah sebagai dasar awal untuk melatih diri dan membangun jiwa kaderisasi agar memahami apa itu KMO, dan apa fungsi KMO untuk kader-kader organisasi.

Kepemimpinan Manajemen Organisasi (KMO) adalah materi pokok yang perlu dilaksanakan dalam perjenjangan kaderisasi organisasi kemahasiswaan.

Kepemimpinan Manajemen Organisasi (KMO) merupakan satu kesatuan perangkat yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Keterkaitan antara Kepemimpinan, Manajemen dan Organisasi sangat erat dan saling melengkapi. Kepemimpinan sangat dibutuhkan sebagai kontrol kendali sebuah metode manajemen dan menjalankan organisasi, Manajemen sangat vital urgensinya untuk membuat dan menyusun kerangka rencana kerja organisasi/lembaga/instansi serta membuat formulasi yang mujarab untuk menyatukan kualitas SDM dengan sarana infrastruktur organisasi yang tersedia, sedangkan organisasi merupakan tempat yang ideal sebagai arena untuk melatih kepemimpinan seseorang dan sarana pengejewantahan suatu metode manajemen.

Sinkronisasi antara Kepemimpinan, Manajemen dan Organisasi yang kuat juga akan menghasilkan suatu pengambilan keputusan yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Dalam materi Kepemimpinan Manajemen Organisasi (KMO) HMI Cabang Persiapan Blora di isi oleh Koordinator Presidium KAHMI Blora, Siswanto, S.Pd, MH. Ia menjelaskan beberapa hal terkait Kepemimpinan dalam generasi millenial.

Generasi millennial, generasi yang lahir dalam rentang waktu 1980-2000. Dengan kata lain, generals Millennial adalah anak-anak muda yang saat ini berusia 15 tahun sampai 35 tahun. Akhir-akhir ini, generasi Millennial banyak diperbincangkan karena memiliki karakter khusus, dan diperkirakan akan akan menjadi aset masa depan Indonesia. Periode 2015-2020 merupakan kesempatan emas bagi generasi millennial untuk memasuki area pembangunan negeri khususnya di Kabupaten Blora.

Memahami lonjakan generasi muda potensial, Siswanto memberikan pertanyaan kepada para Peserta yang melaksanakan LK HMI Cabang Persiapan Blora.

“Ketika Kita menjadi kader organisasi akan berperan dimana ketika kita sudah diwisuda oleh kampus kita kuliah? Apakah hanya sebatas menjadi kepala rumah tangga, ibu rumah tangga, guru, pengusaha ataukah ingin menjadi pejabat?”  Nada Tegas di ucapkan Koordinator Presidium KAHMI Blora.

Dari pertanyaan tegas tersebut, Siswanto memaparkan pula kepada Peserta LK 1 HMI Cabang Persiapan Blora “Potensi kita justru ada di era hari ini, di mana usia produktif memuncaki ketersediaan sumber daya. Kalau kalian tidak segera mengambil langkah, kita bisa kehilangan momentum pembentukan generasi yang luar biasa ini” lanjutnya.

Setidaknya, upaya pembangunan sumber daya manusia (SDM) telah dirancang sejalan dengan pendidikan nasional, generasi Millennial harus mempersiapkan dirinya dengan meningkatkan skill maupun ketahanan mentalnya (Karakter) untuk bersiap menghadapi tantangan. (timkb)

Baca Juga : Revitalisasi Peran Pemuda; Aktualisasi Nilai Keislaman dan Keindonesiaan

Jika sekarang pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018, siapa yang Anda pilih ? Vote Sekarang !

  • SUDIRMAN - IDA (56%, 250 Votes)
  • GANJAR - YASIN (39%, 177 Votes)
  • NETRAL/TIDAK MEMILIH (5%, 22 Votes)

Total Voters: 449

Loading ... Loading ...

 

Profil Pemateri KMO (Kepemimpinan Manajemen Organisasi)

Nama: Siswanto, S.Pd, MH
Anggota DPRD Kabupaten Blora
Jabatan di Partai : Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Blora
Tempat, Tanggal lahir: Blora, 23 April 1981
Alamat: Dukuh Tembang RT 07/ RW 02, Desa Rowobungkul, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora.
Anak: 2 orang laki-laki.

Pengalaman organisasi:
1. Ketua OSIS SMPN 3 Ngawen Tahun 1995

2. Ketua Karang Taruna Dukuh Tembang Desa Rowobungkul Tahun 1997.

3. Ketua Umum Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Blora (IMPARA) Semarang Tahun 2001

5. Sekretaris Jenderal BEM UNNES Tahun 2001

6. Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Blora Tahun 2010-2013

7. Sekretaris Umum DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Jateng Tahun 2011-2014

9. Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Barisan Muda Kosgoro 1957 (DPP BMK) Tahun 2016-sekarang

10. Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Blora Tahun 2016-sekarang

11. Koordinator Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Blora Tahun 2017-sekarang

12. Ketua Umum Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Kabupaten Blora Tahun 2017-sekarang

13. Ketua Umum Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Kabupaten Blora Tahun 2017-sekarang

14. Bendahara DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pusat Tahun 2017-sekarang

Riwayat Pekerjaan:
1. Direktur CV. Rakyat Madani Tahun 2006-2014.
2. Direktur CV. Sukses Makmur Tahun 2006-2014
3. Pemimpin Redaksi Tabloid Suara Rakyat Tahun 2006-2010
4. Petani, Pedagang Tebu Tahun 2011-sekarang

Facebook Comments