HomePolitik‘High Risk’ Koalisi ARTYS

‘High Risk’ Koalisi ARTYS

Politik Suara Warga 0 3 likes 600 views share

kabarblora.com – Pasangan Cabup dan Cawabup Blora Arif Rohman- Tri Yuli Setyowati kemungkinan akan diusung oleh PKB, PDI Perjuangan, Golkar dan PKS. Soliditas koalisi ini belum bisa ditakar, akan tetapi potensi-potensi keretakannya bisa diukur.

Soliditas koalisi partai setidaknya berkaitan dengan dua hal. Pertama aspek identitas dan yang kedua keberterimaan atas sharing kekuasaan.

Dua aspek itulah yang berpotensi “High Risk” atau berisiko tinggi meretakkan sebuah koalisi, termasuk koalisi Artys.

Baca Juga: Konstelasi Politik Blora Pasca Pileg 2019

Aspek identitas berkaitan dengan identitas primordial yang telah dibangun, citra partai dan basis pendukung masing-masing partai yang mengusung.

Dalam koalisi Artys, ada dua kutub identitas yang secara diametral dapat saling berbenturan. Pertama, perbedaan identitas keagamaan antara PKB dengan basis massa Islam Tradisional di pedesaannya dengan PKS yang identik dengan Islam Modernis dengan basis massa di perkotaannya. Kedua, PDI Perjuangan dengan Golkar secara historis pernah secara diametral menjadi musuh bebuyutan terutama sejak masa Orde Baru.

Baca Juga: Fenomena Money Politik Dalam Pemilihan Umum

Dua hambatan di atas secara elitis mungkin bisa dikonvergensikan oleh elit partai politik (parpol). Tetapi untuk merajutnya diakar rumput bukan perkara mudah, karena seringkali kepentingan elit parpol tidak simetris dengan kehendak konstituen masing-masing partai.

Jika ini terjadi maka koalisi Artys bisa terancam mandul. Kuat di tingkat elit tetapi rajutan di akar rumputnya tercerai berai.

Facebook Comments