HomeKulinerKadirun, Juara 1 Lomba Sate di Kota Sate Khas Blora

Kadirun, Juara 1 Lomba Sate di Kota Sate Khas Blora

Foto Pak Kadirun Blora Bersama Wisatawan Dari China Menikmati Sate Ayam Kampung Kuliner Khas Blora (Foto: Dokumentasi Pak Kadirun)

kabarblora.com – Khazanah kuliner Blora menjadi rekomended tersendiri ketika Blora diangkat sisi kekuncaraan khas kulinernya. Bicara soal kuliner, tentu sate ayam kampunglah yang paling menonjol. Butuh rentang waktu dan proses pencermatan dari berbagai sisi dalam mengangkat kuliner ini hingga kekuncaraan dalam bahasan kuliner Blora adalah kota sate. Ragam bahan, piranti masak, teknik pengolahan, dan cita rasa memberi kekayaan tersendiri terhadap kuliner Blora.

Pemerintah Kabupaten mengangkat Sate ayam sebagai kuliner khas Blora dapat ditelusuri melalui informasi beberapa rujukan. Yakni, menurut referensi yang terkumpul, kuliner ini diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi dan beberapa manuskrip. Sebagai wujud rasa bangga atas kuliner ini, di Desa Gagaan Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora didirikan Tugu Sate dengan simbol patung penjual sate.

Kali ini tim kabar Blora ingin berbagi informasi kuliner salah satu warung sate yang ada di kota sate ini. Kota yang terletak 127 km di sebelah timur Semarang, berdekatan dengan Cepu yang merupakan daerah penghasil minyak bumi paling utama yang ada di Pulau Jawa serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati di sebelah utara ini terkenal dengan sebutan Kota Sate khas Blora.

Warung Sate Ayam Pak Kadirun Blora (Foto: kabarblora.com)

Berikut ini adalah ulasan mengenai kuliner sate yang ada di Blora;

Kuliner sate khas Blora yang satu ini terkenal enak dengan sambal kacangnya yang kental dan mempunyai ciri khusus pada daging ayamnya yang tidak mengeluarkan asap tebal saat dibakar. Ini menandakan bahwa daging ayam yang dimasak adalah ayam kampung asli. Sate ayam ini lebih lezat bila dimakan dengan menggunakan alas pincuk (daun jati) sebagai pengganti piring dan dimakan dengan nasi putih yang diberi kuah opor serta sambal kacang sebagai bumbu siramnya.

Sebagai referensi tempat makan sate ayam khas di Blora adalah Sate Ayam Pak Kadirun Spesial Ayam Kampung  yang berlokasi di Jalan Gunung Sumbing No.1, Tempelan, Kecamatan Blora Kota, Jawa Tengah 58211

Sate Ayam Pak Kadirun, Lokasi Warungnya bisa di akses melalui Google Maps (https://g.co/kgs/N8iUBX)

Warung sate ini telah berdiri sejak tahun 1996 buka setiap hari pukul 6.30 – 17.00 WIB. Di informasikan lewat referensi yang tim kabar Blora dapatkan dari Kadirun pemilik warung, di acara HUT Blora ke-258, Sate Ayam kampung usahanya yang ia geluti selama 22 Tahun memenangkan lomba kuliner sebagai juara I di Kota sate khas Blora.

Sate Ayam Kadirun usaha warungan miliknya juga menerima layanan pesanan untuk kalangan pemerintahan, corporate, hajatan rumah tangga, dan sebagainya.

Sate Ayam Pak Kadirun Juara I di HUT Blora Ke – 258 (Foto: Dokumentasi Pak Kadirun)

Kadirun membeberkan rahasia kelezatan sate ayam buatannya terletak pada bumbu siramnya. “bumbu sate ayam kampung warung ini, kacang tanahnya digoreng dengan menggunakan pasir. Tujuannya agar lebih wangi dan gurih serta tidak banyak lemak”, Jelasnya.

Ia juga menambahkan “Kacang yang sudah digoreng tadi dihaluskan bersama bawang putih, bawang merah, kemiri, cabe, dan kencur. Lalu dicampur dengan santan dan direbus sambil diaduk merata selama 2 jam”. Imbuhnya.

Yang terpenting dalam hubungan dengan konsumen adalah terbentuknya hubungan baik yang dilandasi kepercayaan pada kualitas sate yang tetap terjaga. Kualitaslah yang mewakili persepsi konsumen terhadap Kadirun. Ikatan semacam ini menjadi sebuah good will yang menjadi jaminan sehingga usaha satenya mampu bertahan di sebuah kota yang kekuncaraan dengan ikonnya sebagai kota sate khas Blora. (timkb/Ahmad)

Informasi detail sate ayam Pak Kadirun; Hubungi No. Hp. 0813-2538-5721

Facebook Comments