HomeNewsKPU Blora Beri Bimbingan Teknis Soal Tungsura

KPU Blora Beri Bimbingan Teknis Soal Tungsura

0 0 likes

Bagikan

kabarblora.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) serta Rekapitulasi Suara Pemilihan Umum Tahun 2019. Melibatkan seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Blora, bimtek dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 15 dan 16 Maret 2019 yang bertempat di Hotel Kyriad ARRA Cepu.

Ketua KPU Blora, Hamdun, menyampaikan Tungsura merupakan mahkotanya Pemilu yang harus disiapkan betul-betul agar teknisnya tidak menjadi sia-sia. “Mahkotanya pemilu itu terletak pada pemungutan dan penghitungan suara, karena menjadi barometer sukses atau tidaknya penyelenggaran pemilu,” ujarnya, Sabtu (16/3/2019).

Menurutnya, Bimtek ini melibatkan Panwascam guna meminimalis perbedaan pendapat antar penyelenggara. “pentingnya Panwascam disertakan dalam bimtek kali ini adalah agar ada kesepahaman antara PPK dan Panwascam sehingga meminimalisir potensi perbedaan pendapat, yang memungkinkan terjadinya konflik,” terangnya.

Komisioner KPU Blora, Syaiful Amri menambahkan selain memberikan pemahaman tentang teknis pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi suara, bimtek kali ini juga bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan kekompakan antar anggota PPK maupun dengan Panwascam. “Baik PPK dan Panwascam harus sejalan dan kompak dalan melaksanakan fungsinya mading-masing demi kesuksesan Pemilu tahun ini”, kata dia selaku Divisi SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat.

Kegiatan ini menjadi bentuk kesiapan KPU Blora dalam menyelenggarakan Pemilu 2019 secara berintegritas dan tertib terhadap regulasi yang ada. Selanjutnya bimbingan teknis akan dilakukan secara berjenjang di penyelenggara tingkat desa/kelurahan (PPS) dan tingkat TPS (KPPS).

Facebook Comments