HomeNewsKPU Blora Rapat Pleno Untuk Verifikasi Parpol

KPU Blora Rapat Pleno Untuk Verifikasi Parpol

News 0 0 likes 623 views share

kabarblora.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Blora, Kamis (8/2) menggelar acara rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penelitian administrasi dan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Blora. Dari hasil rapat pleno, 14 partai politik dinyatakan memenuhi syarat (MS).

14 partai politik tersebut adalah, Partai Nasdem, PKB, PKS, PPP, PAN, Gerindra, Hanura, Golkar, Demokrat, PDI-Perjuangan, PBB, PKPI, Garuda dan Perindo. Dari 14 partai tersebut 12 partai adalah partai lama peserta Pemilu 2014, sedangkan dua partai yaitu partai Garuda dan Perindo adalah partai baru.

Dengan demikian, dari 16 partai politik yang dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU RI terdapat 2 partai yang tidak menyerahkan dokumen dan tidak dapat dilakukan verifikasi oleh KPU Blora. Kedua partai tersebut adalah Partai Serikat Indonesia (PSI) dan Partai Berkarya.

Rapat Pleno rekapitulasi ini merupakan tahapan terakhir pelaksanaan pendaftaran dan penetapan partai politik tingkat kabupaten. Selajutnya KPU Kabupaten Blora akan mengirimkan hasil rekapitulasi ke KPU Provinsi Jawa Tengah sebagai bahan rekapitulasi tingkat provinsi yang akan diselenggarkan 11 februari mendatang.

Sedangkan penetapan partai politik tingkat pusat akan dilakukan KPU RI pada 17 februari mendatang, setelah sebelumnya melaksanakan rekapitulasi berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat provinsi.

Sebagaimana diberikatan sebelumnya, dalam tahapan pendaftaran dan penetapan partai politik ini sudah dimulai sejak bulan Oktober 2018. Dimulai dari penyerahan daftar nama keanggotaan beserta salinan KTA dan KTP elektonik.

Dilanjutkan dengan penelitian administrasi, verifikasi faktual terhadap partai baru. Pada proses selanjutnya KPU Blora melaksanakan verifikasi terhadap semua partai politik menyusul adanya putusan Mahkamah Konstitusi atas judicial review terhadap pasal 173 dari UU Nomor 7 Tahun 2017.

[poll id=”3″]