HomeNewsKPU Blora Sudah 81,68% Pencocokan dan Penelitian Data Menjelang Pilgub 2018

KPU Blora Sudah 81,68% Pencocokan dan Penelitian Data Menjelang Pilgub 2018

News 0 1 likes 675 views share

kabarblora.com – Pelaksanaan kegiatan Pencocokan dan penelitian (Coklit) pada tahapan Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng Tahun 2018 di Kabupaten Blora telah memasuki 10 hari tahap III. Pada tahap II yang berakhir pada tanggal 8 Februari lalu, pencoklitan ternyata telah mencapai 81,68%. Capaian tersebut telah melampaui dari yang ditargetkan secara nasional yaitu 80%.

Anggota KPU Kab. Blora Divisi Perencanaan dan Data, Ita Sadrini mengatakan bahwa kegiatan pencoklitan di Kabupaten Blora sejauh ini berjalan lancar. Beberapa kendala yang ditemui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di lapangan diantaranya pemilih yang tidak bisa ditemui di rumah, pemilih yang pindah domisili tapi tidak mengurus surat pindah, pemilih yang rumahnya kosong, pemilih yang bekerja di luar daerah/luar negeri bertahun-tahun tidak pulang, dll. Namun sejauh ini kendala-kendala tersebut bisa diatasi. “Kendala di lapangan pasti lah ada, namun sejauh ini sudah bisa kami atasi” Papar Ita.

Dalam proses Coklit tahap II, pemilih yang berhasil dicoklit sejumlah Laki-laki 182.093 dan Perempuan 187.355 sehingga keseluruhan yang telah selesai dicoklit sebanyak 369.448 Pemilih. Dari data tersebut maka tersisa jumlah yang belum dicoklit sebesar 82.862 atau 18,32%. Melihat perkembangan hasil kerja yang demikian, Ita Sadrini optimis bahwa proses coklit yang tersisa kurang dari 20% itu bisa selesai sesuai jadwal.

Bahkan sangat mungkin akan dapat selesai sebelum tahapan coklit berakhir pada 18 Februari nanti mengingat sebagian PPDP telah merampungkan tugasnya hingga 100% pencoklitan.
“Hasil ini menjadi sesuatu yang sangat menggembirakan tentunya”, tandas Ita Sadrini lagi.

Dengan demikian, jika coklit telah diselesaikan sebelum tahapan berakhir, maka waktu yang tersisa dapat digunakan untuk meneliti dan mengoreksi apakah masih ada proses atau pengisian data yang kurang benar.

Sejauh evaluasi yang dilakukan KPU Blora, PPDP sudah semakin baik kinerjanya. Sehingga harapan besar bersama terwujudnya Daftar Pemilih yang lebih akurat, valid dan mutakhir dapat menjadi kenyataan. (timkb)

[poll id=”3″]