HomeEkonomi BisnisKunjungan Komisi B DPRD Blora ke Pasar Sido Makmur, Soroti Permasalahan Pengelolaan

Kunjungan Komisi B DPRD Blora ke Pasar Sido Makmur, Soroti Permasalahan Pengelolaan

Ekonomi Bisnis News Pemerintahan Peristiwa 0 0 likes share

kabarblora.com – Awal Bulan Maret 2019, Komisi B DPRD Blora bertandang kembali ke pasar Sido Makmur. Tujuannya, menyampaikan beberapa bahasan problema pengelolaan pasar. Selain bahasan banyaknya bangunan ilegal yang merambah, Komisi B mempersoalkan banyaknya aktivitas yang kurang diseriusi oleh pengelola pasar, yakni tentang pengaturan para pedagang.

Kilas balik Blora, yang sekarang disulap nama dan dipindah tempat oleh roda kepemimpinan bupati Djoko Nugroho, dulunya biarpun kumuh dan tata kelolanya kurang baik, sumber-sumber pendapatan para pedagang tak pernah terganggu adanya permasalahan yang ada.

Baca Juga: Fakultas Filsafat UGM Angkat Film Pendek Difabel Blora Mustika

Mulai dari kesenjangan sosial pasar tentang sempitnya los maupun kios, bertambahnya para pedagang baru, penghuni lama yang baru beberapa hari maupun bulan yang mendapatkan tempat, maupun problema lainnya, hal ini normatif terjadi karena adanya transisi dan mutasi suatu pasar. Bahasan ini disampaikan oleh Komisi B saat bertandang ke pasar Sido Makmur Blora, pada rabu, (06/03/2019).

Pantauan redaksi kabarblora.com dilokasi, hadir dalam acara kunjungan yang diselenggarakan, Ketua komisi B Drs. subroto beserta tim yang terdiri dari anggota DPRD, Setwan, dan Humas DPRD Blora. Dan dari Dindagkop Blora, PLT Ir. Masykur beserta para jajaran pejabat Dindagkop Blora.

Saat kunjungan ini dilaksanakan di gedung perkantoran Sido Makmur Blora, nampak beberapa hidangan yang terdiri dari puluhan snack dan tumpukan Rokok LA Light disediakan oleh pihak pengelola pasar.

Dalam bahasan ini, Ir. Masykur menyampaikan penjelasan beruntut dikantor pasar Sido Makmur kepada Komisi B DPRD Blora dan disaksikan oleh wakil dari pedagang, ketua paguyuban dan para wartawan yang hadir.

“Sesuai yang menjadi komitmen kita, pasar yang ada di Gabus belum sempurna. Artinya masih banyak kekurangan,” kata Masykur.

Rencana kedepan, pihaknya selaku mantan Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi Blora yang sekarang menjabat sebagai PLT, terkait pengelolaan pasar, ia berharap mudah-mudahan semakin membaik.

“Komisi B bisa memberikan masukan kepada kami terkait hal-hal mana yang harus kami perbaiki dan kita susun sesuai arahan pak Bupati Blora,” ungkap dia lagi.

Masih kata Masykur, dia menyampaikan juga perihal pedagang di Sido Makmur untuk sementara ini tidak retribusi.

“Mulai bulan agustus sudah ditetapkan tarif sesuai Perda Nomer 7 Tahun 2007 dan 2008,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Blora Drs. Subroto dalam paparannya saat duduk bersama anggotanya, memberikan masukan runtut terkait problema yang terjadi di Sido Makmur.

“Dulu kan kita sudah pernah datang waktu pasar belum di tempati, apakah masukan yang kita sampaikan waktu dulu sudah berjalan apa belum,” ucap Drs. Subroto.

Dikehadirannya kali ini, pihaknya selaku pimpinan tertinggi/ istilahnya ketua Komisi B yang membidangi pasar mempunyai kewajiban memberikan wejangan (masukan) kepada pengelola.

“Terkait nama-nama kios yang dulunya gak bener, apakah pedagang sudah masuk semua, bangunan bangunan liar apakah sudah sesuai dengan market, itu kita tanyakan hari ini,” tandas dia bertanya.

Menurut Subroto, bangunan liar masih ada dan pengelolaan pasar Sido Makmur masih banyak yang berdiri dan bahkan dibangun dengan tembok.

“Selain itu, kita disini memberikan masukan lagi ini untuk penataan parkir, masak segini bisa menghasilkan 500.000 perhari, itu bocorannya kan bisa 300% sampai 100% itu harus ditata ulang,” tambahnya lagi.

Pihak Komisi B saat berkunjung duduk bersama dengan pengelola pasar Sido Makmur, pihaknya meminta dibulan Agustus 2019 problema pasar bisa terselesaikan.

“Bulan Agustus masalah pedagang yang belum ditempat, saya meminta semuanya tertib pada tempatnya, dan bangunan liar juga ditertibkan, dan besok Agustus pula saya minta pertanggungjawabannya agar beres.” Tandas dia.

Jika sekarang pemilihan Presiden 2019, siapa yang Anda pilih ? Vote Sekarang !

  • PRABOWO - SANDIAGA S. UNO (53%, 108 Votes)
  • JOKOWI - MA'RUF AMIN (47%, 94 Votes)

Total Voters: 202

Loading ... Loading ...

 

Facebook Comments