HomeNewsLaunching Aplikasi SIPADI, Cek Status Kendaraan Dinas Bisa Lewat Handphone Android

Launching Aplikasi SIPADI, Cek Status Kendaraan Dinas Bisa Lewat Handphone Android

News 0 0 likes share

kabarblora.com – Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Blora pada hari Kamis (19/7) melaksanakan kegiatan launching aplikasi SIPADI (Sistem Pengelolaan Aset Detail Instansi).

Bertempat di Ruang Pertemuan Setda Kab.Blora, launching dilakukan langsung oleh Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si didampingi Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si dan Kepala Bagian Umum Setda Kab.Blora Ngaliman SP, MMA.

Ngaliman SP, MMA, menyatakan melalui aplikasi SIPADI yang terpasang di handphone android ini, pemerintah akan lebih mudah dalam mengontrol dan mengecek status kendaraan dinas yang dipakai seorang pegawai. Pasalnya SIPADI berisi tentang rangkuman data seluruh aset kendaraan dinas mulai dari Nomor Polisi, Status Pajak, hingga foto kondisi fisik terbaru kendaraan dinas terkait yang dimiliki Setda.

“Jadi semisal ada indikasi keterlambatan pembayaran pajak motor, kita bisa langsung cek cukup dengan buka aplikasi SIPADI. Masukkan plat nomor kendaraan, maka akan keluar status kendaraannya. Yang memakai siapa, bentuknya seperti apa, bayar pajaknya tanggal berapa, semua terekam. Sehingga bisa langsung diurus ke pemegang kendaraan,” ucap Ngaliman SP, MMA.

Menurutnya selama ini pendataan aset hanya dilakukan manual saja. Sehingga dimana keberadaan kendaraan dinas dan bagaimana wujud fisiknya tidak pernah terkontrol. Sampai-sampai pajak kendaraan lupa tidak terbayarkan.

“Padahal pengelolaan aset daerah yang baik merupakan salah satu indikator penilaian penyelenggaraan pemerintahan,” lanjut Ngaliman SP, MMA.

Tidak hanya kendaraan dinas saja. Aset lainnya yang dimiliki Setda Kabupaten Blora juga terekam dan tersaji datanya dalam aplikasi SIPADI ini. Seperti halnya tanah dan bangunan.

“Di dalam SIPADI ada beberapa pilihan menu, diantaranya Mobil, Motor, Tanah, Bangunan dan Gedung, Grafik Aset hingga Usulan Penghapusan. Tahap awal ini, aplikasi bisa digunakan oleh para pengelola aset lingkup Setda Kabupaten Blora dahulu,” terang Ngaliman SP, MMA.

Atas dilakukannya launching ini, Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si ingin tidak hanya aset Setda saja yang disajikan, namun kedepan bisa dikembangkan untuk semua aset milik Pemkab guna mendukung program Smart City yang sedang disusun oleh Dinkominfo.

Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si usai melaunching aplikasi, menyatakan dukungan dan apresiasi kepada upaya Bagian Umum Setda Kabupaten Blora dalam berinovasi meciptakan aplikasi SIPADI yang ditujukan untuk menata pengelolaan aset.

“Saya mewakili Pak Bupati, mendukung dan mengapresiasi adanya aplikasi berbasis android yang dinamakan SIPADI ini. Pemerintah akan semakin pintar dalam mengelola dan menata asetnya sendiri. Penataan aset memang selama ini kerap menjadi titik kelemahan dalam penyelenggaraan pemerintahan. Semoga ini bisa dikembangkan untuk semua aset Pemkab Blora,” kata H.Arief Rohman M.Si.

Turut hadir dalam kegiatan launching tersebut seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Blora. Diharapkan masing-masing Kepala OPD bisa mendorong pengelolaan aset serupa.

Facebook Comments