HomePendidikanMahasiswa Matematika dan Siswa Dalam Peningkatan Motivasi Belajar

Mahasiswa Matematika dan Siswa Dalam Peningkatan Motivasi Belajar

Pendidikan 0 2 likes 201 views share

Dimasa pademi saat ini motivasi siswa sangatlah menurun dalam pembelajaran. Walaupun dimasa pademi ini diterapkan blanded learning ini masih membutuhkan peningkatan motivasi khusus. Pembelajaran sendiri dapat diartikan sebagai suatu proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses memperoleh ilmu dan pengetahuan perubahan sikap dan perilaku serta pembentukan kepercayaan pada peserta didik. Tidak hanya itu pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran walaupun mempunyai konotasi yang berbeda.

Dalam konteks pendidikan guru atau mahasiswa dalam membantu meningkatkan motivasi peserta didik sangatlah penting saat ini. Dalam konsep pendidikan mahasiswa bisa dikatakan guru ketika mahasiswa tersebut mengajar peserta didiknya melalui bimbel atau bimbingan khusus kepada peserta didik dalam belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai suatu objek bisa ditentukan oleh aspek kognitif juga dapat mempengaruhi perubahan sikap serta keterampilan seorang peserta didik.

Oleh sebab itu strategi dalam pembelajaran sangat dibutuhkan oleh seorang pengajar dalam pemecahan berbagai masalah yang timbul dalam berbagai pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika. Matematika sendiri banyak yang menganggap sebagai mata pelajaran yang sangat sulit bagi siswa yang tidak menyukai pada mata pelajaran yang sifatnya menghitung. Sehingga dalam pembuatan timbal oleh mahasiswa ini bentuk dari pemecahan masalah yang timbul dalam pembelajaran mapel matematika, pemecahan masalah ini berupa motivasi atau penyemangat dalam pengerjaan matematika.

Strategi yang sering digunakan dalam bimbel itu membuatkan rumus atau yang yang jarang diajarkan di sekolahan. Salah satunya dengan memberikan rumus cepat dalam pengerjaan matematika sehingga bimbel ini dapat menarik siswa untuk ikut dalam bimbel tersebut.

Menurut Anto (21) salah satu mahasiswa yang membuat bimbel di desanya mengatakan, “kita sebagai mahasiswa itu lebih tinggi tingkatnya dari siswa kita mempunyai ilmu seharusnya ilmu itu tidak digunakan untuk diri sendiri melainkan kita harus dikasihkan kepada orang lain, sehingga ilmu itu bermanfaat. Selain itu dengan adanya bimbel ini kita dapat memotivasi siswa khususnya dalam mata pelajaran matematika biar lebih semangat dalam pengerjaan doktrin-doktrin yang mengatakan Matematika itu sulit dengan adanya bimbel ini bisa memotivasi Kalau Matematika itu mudah dan semua siswa bisa,” ucapnya pada Kamis, 04 November 2021.

Strategi pembelajaran matematika banyak cara untuk bisa memotivasi siswa. Antara lain dengan mengasih cara-cara atau pandangan ke depan itu seperti apa dan harapan kedepan itu seperti apa dan banyak lagi. Tidak hanya mengasih pandangan ke depan dengan adanya strategi pembelajaran matematika ini siswa semangat serta termotivasi untuk belajar untuk meraih cita-cita. Dalam strategi pembelajaran matematika, pengajar atau mahasiswa harus tahu karakteristik siswa tersebut. Sehingga mahasiswa ketika sudah tahu karakteristik siswa jadinya ketika mengasih motivasi lebih mudah untuk menyampaikannya.

Mahasiswa sendiri dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), Mahasiswa adalah peserta didik pada jenjang perguruan tinggi. Mahasiswa mempunyai peran penting dalam mewujudkan cita-cita pembangunan nasional, untuk perguruan tinggi sendiri memiliki arti yaitu lembaga pendidikan yang secara formal diserahi tugas dan tanggung jawab mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan tujuan pendidikan tinggi. Tujuan pendidikan tinggi dapat tercapai apabila Tridharma perguruan tinggi dapat terlaksana sesuai dengan UU RI Nomor 12 tahun 2012.

Peranan mahasiswa dalam mewujudkan cita-cita pembangunan nasional ini banyak sekali yang dapat dilakukan antara lain terjun di masyarakat. Terjun di masyarakat ini meliputi aktif di lingkungan masyarakat seperti agen perubahan masyarakat yang sebelumnya belum ada ketika sudah ada mahasiswa pastinya akan membawa perubahan. Salah satu contohnya di sektor pendidikan, pendidikan sendiri adalah satu wujud cita-cita bangsa Indonesia.

Ketika warga masyarakat Indonesia memiliki pendidikan tinggi pastinya di berbagai sektor akan ikut merasakan perubahannya. Sehingga peranan mahasiswa sangat dibutuhkan masyarakat salah satu contohnya membantu meringankan sekolahan untuk mencerdaskan siswa. Untuk mencerdaskan siswa sendiri memang secara cara tugas itu tugasnya guru atau sekolah terkait. Tapi tidak ada salahnya ketika mahasiswa membantu untuk mencerdaskan siswa dari sektor pembuatan bimbingan khusus atau sering disebut bimbel.

Bimbel atau bimbingan belajar merupakan suatu proses pemberian bantuan kepada siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah belajar yang dihadapi siswa sehingga tercapai tujuan belajar yang diinginkan. Dari pengamatan penulis banyak sekali masyarakat yang membuat bimbingan belajar baik yang sudah ber PT maupun mendirikan secara mandiri di rumah masing-masing, tujuannya sama hanya berbeda konteks kenapa seperti itu ketika sudah masuk ber PT pastinya membutuhkan tim untuk mengajar di bimbel tersebut.

Tapi kalau cara mandiri dari pengamatan penulis kebanyakan dari permintaan orang tua siswa tersebut untuk membantu meringankan orang tuanya. Dari orang tuanya entah mereka sibuk atau emang secara materi belum bisa itu menjadi faktor terpenting berdirinya suatu bimbel. Dari adanya bimbel tersebut banyak mahasiswa berperan di bimbingan khusus untuk membantu mencerdaskan serta membantu meringankan orang tuannya. (Red/Teguh Arianto)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Facebook Comments