HomeNasionalMau Tahu Kesenian Barongan Blora? Yuk Datang ke TMII Jakarta

Mau Tahu Kesenian Barongan Blora? Yuk Datang ke TMII Jakarta

Nasional News Wisata dan Budaya 0 0 likes share

kabarblora.com – Selain kaya akan sumber minyak dan gas bumi, Kabupaten Blora juga terkenal dengan atraksi keseniannya. Salah satu kesenian yang paling menonjol adalah Barongan Blora. Anda pernah melihat atraksi kesenian Barongan Blora? Jika belum, ada kabar baik bagi Anda, khususnya yang tinggal di kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya. Ya, kesenian Barongan Blora akan tampil sebagai pembuka di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Sabtu (27/7/2019).

Duta kesenian  Blora, Endang Setyowati menuturkan, kesenian Barongan Risang Guntur Seto dan Tarian Sukoreno yang dipimpin oleh Adi Wibowo akan tampil sebagai pembuka. Tentu saja hal ini membuat bangga bagi masyarakat Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Blora.

Baca Juga: Apps Koin NU Untuk Difabel Blora Mustika

“Kami merasa bangga bisa tampil. Dari acara seperti inilah cara mempromosikan Blora itu juga kota Barongan,” kata dia kepada kabarblora.com, kemarin.

Tak hanya kesenian Barongan Blora, Endang menjelaskan akan ada banyak keseruan yang ditampilkan pada acara nantinya. Di antaranya adalah lomba makanan tradisional Blora, lomba kopi, pameran produk unggulan dan potensi-potensi daerah Jawa Tengah.

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Slamet Pamudji menerangkan, ada dua instansi dari Blora yang akan hadir pada acara di TMII Jakarta.

“Yang akan hadir perwakilan Dinas Pariwisata dan Dinas Pertanian Kabupaten Blora,” katanya.

Nantinya, lanjut dia, pada acara tersebut selain Barongan, Kabupaten Blora juga akan mengenalkan kuliner tradisionalnya.

“Kuliner Blora juga ditampilkan. Beberapa pameran dari produk pertanian dari Jawa Tengah juga disuguhkan,” katanya.

Baca Juga: Pabrik Semen Sebagai Sponsorship, Peserta Indonesiana Undur Diri

Sementara itu, dihubungi kabarblora.com melalui telepon selularnya, Wakil Bupati Blora Arief Rohman mengajak warga Blora yang berada di Jakarta dan sekitarnya untuk hadir ke TMII nonton bersama.

“Silahkan sedulur Blora yang ada di wilayah Jabodetabek merapat ke Anjungan Jawa Tengah TMII Jakarta 27 Juli 2019, kita nonton Barongan Blora ramai-ramai,” ajak dia.

Pada kesempatan itu, Arif menyatakan komitmennya untuk memajukan kesenian agar semakin dikenal masyarakat luas.

“Kita komitmen untuk pemajuan kesenian kebudayaan Blora. Kalau di Jatim ada Ponorogo sebagai Kota Reog, maka Blora akan kita branding jadi Kota Barongan. Mohon doanya.” Pungkasnya.

Diketahui melalui jadwal acara, Kesenian Sendratari dari Kabupaten Cilacap, kesenian Wayang orang dari Kabupaten Kendal turut hadir mementaskan kesenian daerah sepanjang bulan juli 2019. Hal ini dipandang penting untuk menanamkan persepsi publik bahwa potensi-potensi original menjadi deferensi atau daya beda dengan daerah-daerah lain.

Facebook Comments