HomeEkonomi BisnisMonitoring dan Evaluasi Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak di Desa Palon Jepon

Monitoring dan Evaluasi Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak di Desa Palon Jepon

Ekonomi Bisnis Komunitas Peristiwa Politik 0 1 likes 805 views share

Wakil Bupati Blora Arief Rohman, bersama Kepala Dinas Penberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gunadi, beserta rombongan dari Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Kementerian Desa Yogyakarta mengadakan peninjauan dan pelatihan pembuatan pakan ternak di Desa Palon, Kecamatan Jepon, Kamis (5/10). Pelatihan ini dihadiri oleh beberapa Kepala Desa, BUMDesma Berkah Jaya Kemiri-Palon, Kawengan, Blungun dan para peternak sapi.

Suasana Monitoring dan Evaluasi di Desa Palon

Ketua BUMDesma Berkah Jaya, Tekad mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat mendukung dalam hal pembuatan pakan ternak. Ia menyampaikan keluhan bahwa saat ini usaha ternak sapi masih terkendala pada modal produksi.

“Pada musim hujan ini hijauan dapat kita awetkan dengan cara silase dan bisa tahan hingga 7 bulan, tetapi saat ini alatnya mudah bocor jadi kandungan nutrisi kurang maksimal,” paparnya.

Menurut Sekertaris Balai Besar Pelatihan Masyarakat Yogyakarta kendala kurangnya modal dapat ditindak lanjuti melalui dana APBN atau dapat mengirimkan proposal kepada Dirjen PKP untuk ditindaklanjuti.

Apabila melihat potensi peternakan yang ada di Kabupaten Blora, hampir 50% wilayah di Kabupaten Blora adalah hutan dan Blora bukanlah kota hujan, sehingga sangat cocok untuk beternak sapi.

Menurut Kepala Desa Kemiri Sutrisno selain modal produksi dan alat, kendala yang dialami oleh peternak adalah kurangnya kandang yang dapat bertahan lama. Ketersediaan penampung limbah (kotoran ternak) yang dapat memaksimalkan produksi ternak dirasa juga masih kurang.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Rosalia Diyah Erawati menjelaskan bahwa Pemerintah Dinas Peternakan Kabupaten Blora melalui dana APBN telah memberikan bantuan kepada BUMDesma di Desa Palon seperti peralatan cuper, timbangan, gudang pakan ternak pada tahun 2015, serta pabrik pakan. Dinas Peternakan Kabupaten Blora juga telah menjalin kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada (UGM) untuk mewujudkan Blora Techno Park di Desa Palon melalui mahasiswa yang KKN di Desa Palon.

Baca Juga: Pemkab Blora Bekerjasama dengan Perguruang Tinggi UGM

Dengan adanya kendala-kendala tersebut diharapkan adanya sinergitas antara Dinas PMD dan Dinas Peternakan Kabupaten Blora agar kesulitan di dalam BUMDesma dapat dikelola dengan baik dan pengelola sapi dapat mendapatkan keuntungan. Pengembangan ternak dapat meningkatkan efesiensi pakan ternak sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan peternak di Desa Palon, Kecamatan Jepon.

Sumber: (fdu/tim berita bagian humas & protokol)

Facebook Comments