HomeNewsOperasi KPH Cepu Berhasil Amankan Hasil Illegal Logging Senilai 109 Juta

Operasi KPH Cepu Berhasil Amankan Hasil Illegal Logging Senilai 109 Juta

0 0 likes

Bagikan

kabarblora.com – Berbekal sebuah informasi, timbunan kayu hasil illegal logging di Desa Cabak, Kecamatan Jiken, Blora digerebek oleh petugas KPH Cepu yang juga melibatkan TNI dan POLRI.

“Petugas berhasil menyita 328 batang kayu jati dalam bentuk gelondongan,” ungkap Andri Suhendar selaku Wakil Administratur Cepu Selatan kepada wartawan. Jumat, (15/3/2019).

Lokasi yang menjadi target operasi telah disisir dan mendapati kayu yang berserakan di halaman dan di dalam rumah.

“Telah diamankan 100 lembar papan,126 batang berbentuk olahan. Ada juga 10 batang papan kayu jati yang berada di pekarangan rumah,” jelas Andri Suhendar lebih lanjut.

Menurut Wakil Administratur Utara KPH Cepu, Mugni, Total kayu curian 15,65 meter kubik senilai Rp. 109.550.000,-

Kapolsek Jiken, Iptu Putoro Rambe mengungkapkan bahwa identitas pemilik kayu hasil illegal logging tersebut masih diselidiki.

“Kuat dugaan pelaku adalah pemain lama, sekarang masih diselidiki. Temuan tersebut ada 3 lokasi di pekarangan warga, salah satunya di pekarangan Slamet Desa Cabak.” Terangnya.

Wilayah hutan jati di Kecamatan Jiken termasuk yang paling rawan mengingat kawasan hutannya paling luas se-Kabupaten Blora. Seperti halnya kemarin ramai dibincangkan motif ekonomi salah seorang masyarakat mencuri kayu nilainya tak lebih dari Rp. 150.000,-  hingga dipenjara, menjadi alasan utama dan perlu dicarikan solusi yang komperhensif oleh pihak pemangku jabatan. Tujuannya, agar masyarakat dapat terlibat proses ekonomi pemanfaatan hutan tanpa menimbulkan kerusakan dan kerugian negara.

Secara turun temurun struktur ekonomi masyarakat telah berkait dengan hutan sehingga dibutuhkan transformasi ekonomi yang lebih partisipatif.

Facebook Comments