HomeNewsOrganisasi Perangkat Daerah (OPD) Diminta Meningkatkan Pelayanan Publik

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Diminta Meningkatkan Pelayanan Publik

News 0 0 likes 864 views share

H. Arief Rohman M.Si membuka Sosialisasi Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) dan Sosialisasi Forum Konsultasi Publik (FKP) – (Foto : Tim Berita Bagian  Humas Protokol Setda Kabupaten Blora/tkmn)

kabarblora.com – Bertempat di Ruang Pertemuan Setda Blora, Wakil bupati H. Arief Rohman M.Si membuka acara Sosialisasi Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik dan Forum Konsultasi Publik, Senin 13 November 2017.

Dalam acara tersebut ikut hadir pula seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, perwakilan Puskesmas, serta Direktur BUMN maupun BUMD yang ada di Kabupaten Blora.

H. Arief Rohman M.Si dalam sambutannya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pencerahan, khususnya dalam menggali inovasi atau gagasan, ide-ide baru yang muncul berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat luas. Disamping itu juga mempermudah penyusunan program dan kegiatan melalui Forum Konsultasi Publik.

Ia menegaskan “Sejatinya Forum Konsultasi Publik hampir sama dengan FGD (Forum Group Discussion), yang terpenting adalah melibatkan warga masyarakat dalam setiap penyusunan program/kegiatan, khususnya dalam kegiatan pelayanan publik,” ungkap H. Arief Rohman M.Si

Ia juga menyampaikan bahwa sejak tahun 2015 terdapat kewajiban kepada setiap unit kerja untuk melaksanakan inovasi tentang pelayanan publik dengan program yang disebut “ONE AGENCY ONE INOVATION”. Dimana setiap unit atau Organisai Perangkat Daerah beserta unit-unit kerja di dalamnya, termasuk BUMN/BUMD diwajibkan minimal menciptakan 1 (satu) inovasi pelayanan publik setiap tahun.

“Mengingat pentingnya inovasi ini, kami harap seluruh instansi di Kabupaten Blora dapat mengikuti kompetisi ini, tidak perlu takut salah, yang terpenting inovasi tersebut dapat memberikan perbaikan pelayanan publik, dan memberikan manfaat bagi masyarakat guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Blora yang lebih sejahtera dan bermartabat. Nanti Dinas yang menang inovasinya akan kami beri penghargaan”, pesannya.

Adapun Kepala Bagian Ortala Setda Kabupaten Blora, Riyatno, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk mempercepat peningkatan pelayanan kepada masyarakat, dalam bentuk karya berupa prakarsa yang dituangkan dalam proposal inovasi pelayanan publik dengan tujuan memfasilitasi pembangunan pelayanan publik di semua jenis dan strata.

Untuk narasumber pada sosialisasi ini langsung didatangkan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Sosialisasi akan dilangsungkan selama dua hari yaitu pada tanggal 13 November 2017 untuk Sosialisasi SINOVIK dengan narasumber Ir. Sri Hartini, SH, MM Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Pelayanan Publik Kemenpan-RB, dan tanggal 14 November 2017 untuk Sosialisasi FKP dengan narasumber Muhammad Yusuf Kurniawan SH, M.Si Kepala Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Publik Wilayah 32 Kemenpan-RB. (TIMKB/Hms)

Facebook Comments