HomeEkonomi BisnisPasar Blok S Blora Pasca Festival Durian Lokal dan Bazar Buah

Pasar Blok S Blora Pasca Festival Durian Lokal dan Bazar Buah

Ekonomi Bisnis News 0 2 likes 2.2K views share

Pasar Blok S Blora Pasca Festival Durian Lokal dan Bazar Buah (Foto : tim kabarblora.com)

kabarblora.com – Pelaksanaan Festival Durian Lokal setidaknya menjadi promosi gratis atas keberadaan Pasar Blok S Blora. Ada baiknya kegiatan insidental semacam ini dapat terus diupayakan diselenggarakan untuk menggeliatkan denyut kegiatan ekonomi di pasar Blok S yang usianya memang baru seumur jagung.

Kemarin tanggal 19 Februari 2018 sebelum acara festival Durian Lokal dan Bazar Buah diselenggarakan hari ini tanggal 20 Februari 2018 , Camat Jepon Free Bayu Alamanda Ap.M.Si juga berkoordinasi dengan pedagang Blok S Blora untuk saling Sinergi demi meramaikan kios pasar Blok S.

Camat Jepon, Free Bayu Alamanda Ap.M.Si  berdiskusi bersama dengan Dinkominfo Blora, Drs. Sugiyono, M.Si di sela kegiatan Festival Durian Lokal dan Bazar Buah di Blok S (Foto : tim kabarblora.com)

“Mari kami dibantu mas untuk memajukan Blok S, kami dibantu memberikan solusi.” ungkap Camat Jepon Free Bayu Alamanda Ap.M.Si

Ia juga menambahkan “Diharapkan ayolah kiosnya paling tidak sering dibuka.”imbuhnya dengan semangat optimis kepada para pedagang.

Agar ada daya tarik pengunjung, pemerintah Kecamatan Jepon siang tadi (20/02/2018) di sela-sela aktivitas festival Durian Lokal dan Bazar Buah yang diselenggarakan Dinas Pertanian, juga terlihat mengarahkan Petugas indihome untuk memasang fasilitas wifii di pertokoan kios Blok S.

Dari langkah awal ini, pedagang di upayakan bisa peka menangkap peluang yang ada di Blok S, pedagang bisa sering buka kios yang ditempati, dan pedagang bisa menghadirkan cara menarik minat konsumen dengan inovasi-inovasi yang cerdas dan kreatif.

Baca juga : Festival Durian Lokal dan Bazar Buah Digelar di Pasar BLOK S Blora

Para pedagangpun masih melakukan penjajagan untuk menemukan komoditas yang dapat mendatangkan keuntungan. Tetapi setidaknya para pedagang sudah mulai dapat memprediksi kira-kira prospek usahanya dengan kondisi transaksi yang ada saat ini.

Secara internal, prospek Blok S ke depan memang harus dibicarakan secara intern di kalangan pedagang itu sendiri. Misalnya, penataan kios sembako dikelompokkan dengan kios sembako. Demikian juga pengelompokan untuk komoditas dagangan lainnya ataupun sebaliknya dibuat dengan mode yang beragam.

Forum-forum dialog internal semacam ini penting untuk menciptakan solidaritas. Fungsi solidaritas sangat penting ketika komunitas pedagang pasar Blok S bersinggungan dengan pihak-pihak eksternal, baik yang berpengaruh negatif maupun positif.

Pemerintah dalam pengembangan pasar-pasar kecil seperti ini dapat memainkan peran melalui beberapa skema. Misalnya dengan mendekatkan pedagang pada akses modal, akses ke perusahaan-perusahaan besar yang komoditasnya diperdagangkan di pasar tersebut termasuk melindungi dari serbuan pemodal-pemodal kuat baik melalui jaringan retai-retail modernnya maupun pengusaha kuat yang berusaha menanamkan asetnya dengan membangun toko atau bahkan membeli kios di pasar tersebut.

Ibarat tanaman padi, pedagang di pasar Blok S seperti tanaman yang baru dipindah dari persemaian. Harus dilakukan pemupukan yang tepat, dijauhkan dari gulma dan bibit penyakit sehingga mampu tumbuh dengan subur. Jangan sampai asal tumbuh tetapi hasilnya sedikit apalagi pelan-pelan mati karena tidak mampu bersaing dengan gulma atau serangan penyakit lainnya.

Penyelenggaraan kegiatan secara insidental seperti festival durian ini memang penting bahkan bila perlu diagendakan juga kegiatan insidental lainnya di bidang olah raga, misalnya catur,bridge atau pameran produk-produk masyarakat lain hal dalam bidang pertanian maupun kerajinan tangan dan industri rumah tangga lain.

Secara lokasi, pasar Blok S sangat strategis. Diharapkan para pedagang dapat menangkap peluang sehingga satu persatu kios bisa terlihat aktif dan tidak mangkrak. (timkb)

Video Festival Durian Lokal dan Bazar Buah di Pasar Blok S Blora

Jika sekarang pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018, siapa yang Anda pilih ? Vote Sekarang !

  • SUDIRMAN - IDA (56%, 250 Votes)
  • GANJAR - YASIN (39%, 177 Votes)
  • NETRAL/TIDAK MEMILIH (5%, 22 Votes)

Total Voters: 449

Loading ... Loading ...
Facebook Comments