HomeJawa TengahPengukuhan Pengurus Keluarga Mahasiswa Blora (KAMABA) Solo

Pengukuhan Pengurus Keluarga Mahasiswa Blora (KAMABA) Solo

Jawa Tengah Komunitas Pendidikan 0 0 likes 529 views share

kabarblora.com – Setelah melaksanakan kongres pembentukan pada bulan Juni kemarin, pengurus Kamaba (Keluarga Mahasiswa Blora) Solo akhirnya dikukuhkan, Sabtu (01/10). Pengukuhan digelar di Gedung NU Surakarta dan dihadiri puluhan mahasiswa Blora dari sejumlah perguruan tinggi di Surakarta. Padatnya jadwal perkuliahan membuat pengukuhan Kamaba Solo tertunda beberapa bulan.

Ahmad Sholikin, Ketua Kamaba Solo menyampaikan visi kepengurusannya pada agenda pengukuhan kemarin.

“Kita, para mahasiswa adalah para aktivis di kampus masing-masing. Seperti kata Pramoedya, kaum terpelajar haruslah adil dalam pikiran dan tindakannya, hal ini juga berlaku bagi kita para mahasiswa Blora. Melalui wadah Kamaba Solo, kita harus mengembangkan potensi yang kita miliki dalam bidang apapun. Ini merupakan wujud adil dalam berorganisasi,” tegas mahasiswa Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta ini.

Pengukuhan dimeriahkan dengan penampilan Tari Gambyong yang dipersembahkan oleh Rita, mahasiswi Blora dari IAIN Surakarta. Selain dari IAIN Surakarta, pengukuhan juga dihadiri oleh mahasiswa Blora dari UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta), UNS (Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta), UTP (Universitas Tunas Pembangunan), STMIK Adi Unggul Bhirawa, Akademi Komunitas Industri dan Produk Tekstil Surakarta.

Sholikin menambahkan, pada kepengurusan pertama Kamaba Solo ini dilengkapi dengan empat divisi dengan prioritas tugas mempromosikan budaya dan pariwisata Blora di kancah lokal Surakarta.

“Ada empat divisi yaitu, Divisi Pengkaderan, Divisi Pendidikan dan Kebudayaan, Divisi Kewirausahaan serta Divisi Advokasi dan Jaringan. Kita ingin mengenalkan budaya Blora di sini, seperti Barongan dan seni lainnya. Salah satu kegiatan yang akan kita laksanakan adalah bedah buku karya Pramoedya di Solo,” lanjut mahasiswa 21 tahun asal Desa Kadengan Randublatung ini.

Pengukuhan ini juga dihadiri oleh Majelis Pembina Kamaba Solo, pengurus Kamaba Yogyakarta, delegasi Impara (Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Blora) Semarang dan Kopra (Komunitas Perantau Blora) Solo.

Majelis Pembina Kamaba Solo yang hadir dalam pengukuhan tersebut adalah Siti Kasiyati (Pengusaha, Advokat dan Dosen IAIN Surakarta) dan Rohim Habibi (Lembaga Penjamin Mutu IAIN Surakarta).

Siti Kasiyati, Pembina Kamaba Solo menekankan pentingnya melatih kemampuan dengan cara aktif di organisasi.

“Dengan berorganisasi kita akan mendapatkan manfaat yang luar biasa salah satunya adalah jaringan, dimana dengan berorganisasi kita akan mengenal lebih banyak orang dan kita tidak akan kesusahan nantinya ketika kita sudah lulus menjadi sarjana mau kemana langkah kita selanjutnya” pesan dosen Fakultas Syariah IAIN Surakarta pada sambutannya.

Perilis : Lilik  (Koordinator Divisi Advokasi dan Jaringan Kamaba Solo)

Facebook Comments