HomeEkonomi BisnisPotret Nyata Pasar Pon Pusat Perekonomian Beragam dan Terbesar di Blora

Potret Nyata Pasar Pon Pusat Perekonomian Beragam dan Terbesar di Blora

Ekonomi Bisnis Jawa Tengah Suara Warga 0 3 likes 3.3K views share

kabarblora.com – Pon adalah salah satu nama sebutan dalam kalender Jawa. Selain Pon ada 4 hari lagi dalam pasaran Jawa yaitu; Wage, Kliwon, Legi, dan Pahing. Pasar Pon Kabupaten Blora atau yang juga dikenal masyarakat dengan nama Pasar Hewan Blora adalah salah satu pasar tradisional yang berada di Jl. Taman Makam Pahlawan, Karangjati, Kec. Blora Kota, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Pasar ini dikembangkan dan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Blora.

Pasar Pon hanya sekali dalam 5 hari yakni pada pasaran jawa “Pon”. Hari pasaran lainnya tidak beroperasi.  Di bandingkan Pasar di berbagai tempat di 16 kecamatan se-Kabupaten Blora, Pasar Pon menjadi salah satu Sumber Perekonomian terbesar di Kabupaten Blora.

Dibandingkan Pula dengan Pasar Hewan Pamotan Rembang, Pasar Jum’at Jatirogo, Pasar Mbaru Bojonegoro ataupun Pasar Hewan Wirosari. Aktivitas Pasar Hewan lainnya belum mampu mengungguli Aktivitas Pasar Hewan Blora (Pasar Pon).

Keramaian Pasar Pon juga disampaikan oleh salah satu Pedagang Sapi yang terbiasa berdagang di berbagai kota luar Kabupaten Blora. “Pasar Pon Paling padat aktivitasnya, Paling rame ombyak kegiatannya. Dibandingkan dengan Pasar Sapi Pamotan, Jatirogo, Mbaru, ataupun Pasar Sapi Wirosari, Pasar Pon paling unggul”. Ungkap Munaji Pedagang Sapi asal Blora.

Beragam aktivitas perdagangan tumbuh sebagai efek dari perdagangan sapi. Sehingga Pasar Pon berubah menjadi “Mall Rakyat” dengan heterogenitas komoditi perdagangan dan strategi berdagang yang sangat unik dan tidak dijumpai di pasar tradisional dan modern manapun.

Berdasarkan studi awal yang dilakukan oleh kabarblora.com di Pasar Pon Blora, kami mencoba melakukan analisis kualitatif keadaan lapangan, beberapa tahun ini di temukan bahwa banyak sekali pengaruh pasar Pon untuk masyarakat Blora ataupun masyarakat luar Blora.

Contohnya saja jika pasar tradisional ini dikelola dengan baik maka memberikan dampak yang sangat besar bagi kelangsungan hidup para pedagang serta memberikan kontribusi lebih dalam pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Blora.

Dalam hal ini pengelolaan pasar dan peranan pemerintah sangatlah penting untuk meningkatkan eksistensi pasar Pon sebagai iconic Pasar Hewan Blora.

Melihat Potensi Perekonomian Pasar Pon yang signifikan ini, muncul suatu gambaran korespondensi yang ingin kami ketahui informasinya di Dinas Pendapatan Aset Daerah (PAD),  Seberapa besar kontribusi pengelolaan Pasar Pon terhadap Pendapatan Aset Daerah (PAD) Kabupaten Blora ?

Tidak banyak masyarakat yang mengetahui soal ini, perlu kiranya informasi ini dihadirkan sebagai sajian publik. (timkb)/ Bersambung.

Jika sekarang pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018, siapa yang Anda pilih ? Vote Sekarang !

  • SUDIRMAN - IDA (56%, 250 Votes)
  • GANJAR - YASIN (39%, 177 Votes)
  • NETRAL/TIDAK MEMILIH (5%, 22 Votes)

Total Voters: 449

Loading ... Loading ...

Facebook Comments