HomeNewsSaat Sumpah Pemuda dan Lagu Nasional Dijadikan Hukuman Pelajar Blora yang Bolos Sekolah

Saat Sumpah Pemuda dan Lagu Nasional Dijadikan Hukuman Pelajar Blora yang Bolos Sekolah

News Pemerintahan Pendidikan Peristiwa 0 0 likes share

kabarblora.com – Ada yang tak biasa terjadi di Blora, Jawa Tengah. Ramai-ramai para pelajar terjaring razia karena bolos sekolah, mereka dihukum mengikrarkan sumpah pemuda dan lagu wajib nasional.

“Inikan usai hari sumpah pemuda yang ke-91 mas, jadi sanksinya untuk para pelajar kami minta untuk mengikrarkan sumpah pemuda dan lagu-lagu wajib nasional,” ujar Kepala Satuan Pamong Praja (Satpol PP) blora, Djoko Sulistoyono kepada kabarblora.com, Selasa (29/10/2019).

Djoko mengungkapkan, para pelajar tersebut merupakan peserta didik dari SMA 1 Negeri Tunjungan dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Blora. Kata dia, guru bimbingan konseling (BK) dari kedua sekolahan tersebut akan dipanggil.

“Guru BK-nya akan kami panggil agar kejadian peserta didiknya yang mbolos bisa diawasi,” katanya.

Pihaknya menambahkan bukan hanya sekali ini saja melakukan razia dan mengetahui para peserta didik dari berbagai sekolah membolos. Mayoritas para pelajar bolos dan nongkrong di warung.

“Seringnya, mereka bolos nongkrong di warung-warung sekitar sekolah,” katanya.

Djoko berharap kepada lembaga pendidikan agar selalu mengawasi peserta didiknya saat masih jam-jam sekolah.

“Peserta didik sekarang itu aset bangsa dan generasi penerus, jadi harus kita didik dan bina dengan baik. Jangan sampai terjerumus ke hal-hal yang negatif, bahkan kriminal,” katanya.

Sementara itu, Sugiharto salah satu guru di MAN Blora saat dikonfirmasi terkait peserta didiknya yang bolos, mengatakan bahwa para guru sedang ada pendidikan pelatihan (diklat).

“Ini tadi guru semua lagi diklat di tempat kerja, anak-anak diberi tugas. Eee do mbrobos,” ungkapnya.

Berikut videonya:

Facebook Comments