HomeNewsTinjau Pelaksanaan UNBK SMP/MTs, Arief Rohman Pastikan Ujian Berjalan Lancar

Tinjau Pelaksanaan UNBK SMP/MTs, Arief Rohman Pastikan Ujian Berjalan Lancar

News Pendidikan 0 0 likes 981 views share

Foto: Humaskab

kabarblora.com – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat SMP/MTs/Sederajat di Kabupaten Blora, dilaksanakan selama empat hari mulai hari ini (23/4) hingga kamis (26/4) mendatang.

Guna memastikan kelancaran UNBK, Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si di dampingi pejabat teras Dinas Pendidikan dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Blora pada hari Senin (23/4) melaksanakan peninjauan pelaksanaan ujian di dua SMP dan dua MTs. Yakni SMP Negeri 2 Blora, SMP Negeri 5 Blora, dilanjutkan ke MTs Negeri Jepon dan MTs Sultan Agung Ngawen.

Baca Juga : Moral Hazard Dalam Jeratan Kasus Pungli UNBK di Blora

Di empat sekolah tersebut, Wakil Bupati dan rombongan melakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah dan panitia pelaksana UNBK. Lantas melihat siswa yang sedang mengerjakan UNBK dari luar ruangan.

“Peninjauan kami laksanakan untuk mengetahui seberapa jauh kesiapan dan kelancaran pelaksanaan UNBK di hari pertama. Ternyata tadi ada keterlambatan yang disebabkan karena server pusat error. Namun normal kembali dan bisa dilangsungkan dengan lancar. Semoga hari kedua sampai hari ketiga bisa berjalan lancar,” ucap Wakil Bupati, H.Arief Rohman, M.Si.

Khusus untuk SMP Negeri 2 Blora, Sabtu malam lalu (21/4/2018) telah mengalami kerusakan karena switch hub atau alat penghubung berbagai jaringan komputer terbakar. Sehingga Wakil Bupati ingin memastikan UNBK bisa dilaksanakan dengan baik pasca terbakarnya switch hub.

Baca Juga : Sinergi Dan Solusi Permanen Untuk Akselerasi UNBK di Blora

Kepala SMP Negeri 2 Blora, Andreas Sutarno Spd, MM.Pd, mengatakan, setelah kejadian kebakaran switch hub, dia memastikan jika komputer siap digunakan untuk melakukan UNBK. Karena memang untuk komputer tidak ada yang mengalami masalah, hanya jaringan listriknya yang terganggu dan telah diperbaiki.

Adapun, Kepala Kantor Kemenag Blora, H. Nuril Anwar SH, MH menyatakan untuk pelaksanaan UNBK di MTs Negeri Jepon dan MTs Sultan Agung Ngawen secara umum berjalan lancar. Meskipun sempat terlambat pelaksanaannya karena pagi hari terjadi server error dari pusat.

“Alhamdulillah meski sempat error, namun normal kembali dan berjalan lancar. Terimakasih Pak Wakil Bupati yang telah menyempatkan untuk meninjau UNBK di MTs baik negeri ataupun swasta,” ujar H. Nuril Anwar SH, MH.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora, Drs. Achmad Wardoyo, M.Pd, melalui Sekretaris Disdik, Drs. Sugiyanto, M.Si menerangkan bahwa SMP di Kabupaten Blora yang melaksanakan UNBK 2018 berjumlah 82 sekolah. Sedangkan MTs yang melaksanakan UNBK ada 55 sekolah.

Baca Juga : Gonjang-Ganjing UNBK; Kontraproduktif Ataukah Kontributif ?

“SMP Negeri ada 48 sekolah, 47 sekolah UNBK nya secara mandiri dan 1 sekolah masih numpang. Sedangkan SMP swasta jumlahnya 34 sekolah, 27 mandiri dan 7 menumpang di sekolah lain. Mereka menumpang karena belum memiliki peralatan komputer dan jaringan internet yang memadai,” ucapnya.

Begitu juga dengan MTS, dari jumlah 55 sekolah, yang melaksanakan UNBK secara mandiri sebanyak 49 sekolah. Enam sisanya menebeng atau menumpang di sekolah lainnya.

“Sedangkan untuk siswa kejar paket B dari 7 sekolah, semuanya juga mengikuti UNBK dan menumpang di sekolah lain,” lanjutnya.

Berdasarkan data yang ada di Dinas Pendidikan, total siswa yang menempuh UNBK dari tingkat SMP/MTs dan sederajat sebanyak 13.111 orang. (timkb)

Facebook Comments