HomeEkonomi Bisnis4 BUMN Salurkan CSR Wujud Kepedulian Terhadap Lingkungan dan Masyarakat Sekitar

4 BUMN Salurkan CSR Wujud Kepedulian Terhadap Lingkungan dan Masyarakat Sekitar

Ekonomi Bisnis Jawa Tengah News Pemerintahan Sosial 0 0 likes 1.1K views share

kabarblora.com – Sebanyak empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersinergi menyalurkan program kepedulian sosial dalam program BUMN Peduli kepada warga di wilayah Blora Selatan. Ke empat BUMN tersebut adalah Perum Perhutani, PT Kereta Api Indonesia, PT Taman Wisata Candi dan PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW).

Administratur KPH Randublatung Hilaludin mengatakan bahwa kegiatan BUMN Peduli ini adalah merupakan wujud kepedulian perusahaan.

“Iya, kegiatan ini adalah merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Program ini ditujukan untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan lingkungan, nilai, norma dan budaya masyarakat setempat terhadap perusahaan,” katanya pada wartawan, Selasa (30/10) siang.

Menurutnya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hadir untuk negeri tidak hanya sebatas slogan atau kata mutiara saja, namun hal tersebut dibuktikan dengan adanya program BUMN Peduli yang telah dilakukan.

“Anggarannya berasal dari dana Corporate Social Responsibility (CSR). Penyalurannya di Desa Jegong dan Desa Doplang, Kecamatan Jati serta Desa Plosorejo, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora,” ujarnya.

Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung jawab Sosial Perusahaan sendiri adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya perusahaan memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, lingkungan dan budaya.

Penyaluran CSR kali ini dilakukan di Desa Jegong Kecamatan Jati, berupa penyerahan 2 unit bangunan sarana air bersih dan pemasangan di 20 titik listrik secara gratis kepada masyarakat desa hutan yang kurang mampu. Sedangkan di Desa Doplang, Kecamatan Jati dan Desa Plosorejo Kecamatan Randublatung, di mana termasuk dalam daftar desa yang pada saat musim kemarau sangat kesulitan mendapatkan air diserahkan bangunan sarana air bersih.

Terpisah, terkait dengan program BUMN Peduli di desanya, Kepala Desa Plosorejo Teguh Saptono, menyampaikan terima kasih atas bantuan berupa pencarian sumber air dan pembuatan sarana dan prasarana air bersih yang ada.

“Untuk itu saya selaku kepala desa, menyampaikan terima kasih atas bantuan berupa pencarian sumber air dan pembuatan sarana dan prasarana air bersih dari program BUMN Peduli ini,” ujar Teguh Saptono.

Dirinya menuturkan bahwa dalam proses pencarian sumber air kemarin dilaksanakan pada bulan September 2018, di mana pada saat itu adalah puncak musim kemarau.

“Iya, Mas, pencarian sumber air kemarin dilaksanakan pada bulan September 2018. Itu adalah bulan di mana puncak-puncaknya musim kemarau. Sehingga sumber mata air yang didapat betul-betul bagus. Semoga dengan ditemukan sumber dan dibuatkannya sarana air bersih ini warga kami sudah tidak kekurangan air bersih lagi pada musim kemarau,” ungkapnya. (*)

Facebook Comments