HomeEkonomi BisnisHeboh, Bekas Sumur Minyak Belanda Menyemburkan Air di Blora

Heboh, Bekas Sumur Minyak Belanda Menyemburkan Air di Blora

Ekonomi Bisnis 0 0 likes 2.2K views share

kabarblora.com – Semburan air setinggi kurang lebih 35 meter terjadi di Dukuh Nglencong, Desa Botoreco, Kecamatan Kunduran. Semburan ini terjadi di bekas sumur minyak tua Tunggul pada Kamis sore 21 September 2017, sekitar pukul 18.00 WIB. Semburan kedua juga terjadi di sumur Tungkul yang berjarak 50 meter dari sumur sebelumnya di hari Jum’at 22 September 2017. Menurut pesan singkat Dwi Kristiyanto (warga) menyatakan bahwa setelah magrib terdengar suara ledakan keras dari sumur peninggalan Belanda tersebut.

Foto: Dwi Kristiyanto (Warga)

Menurut Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, semburan ini bukanlah minyak dan gas yang berabahaya. Semburan ini sementara mendapat pantauan dari tim HSSE dari PT Foster. Hingga Sabtu pagi semburan sudah menurun sekitar 18 meter, kata Heru Irianto (Field Manager Pertamina EP Asset 4 Filed Cepu).

Heru menginformasikan, bahwa hasil pengecekan atas air asin dan Gas H2S di sekitar tempat kejadian menunjukkan hasil sebagai berikut, H2S = 0, CO=0, LEL = 0. Sehingga dapat dikatakan bahwa air yang menyembur dari sumur tersebut bukanlah minyak ataupun gas berbahaya, namun air yang terdorong akibat tekanan yang tinggi dibawah permukaan tanah,” kata Heru.

Foto: Dwi Kristiyanto (Warga)

Langkah-langkah penanganan yang dilakukan Pertamina EP atas terjadinya semburan tersebut adalah memastikan area sekitar aman. Pengecekan berkala dari cairan dan gas yang keluar dari kedua sumur dilakukan untuk mengatisipasi agar air dari kedua sumur tidak merugikan pihak lain. “Kami terus melakukan pemantauan perkembangan di lapangan sejak laporan diterima hingga saat ini,” ujarnya.

Pihaknya menyatakan, berupaya terus menjaga agar semburan air tidak meluas. “Kami juga akan berkoordinasi lebih lanjut dengan KSO Foster yang wilayah kerjanya disekitar kedua sumur untuk penanganan lebih lanjut,” pungkasnya.

https://www.youtube.com/edit?o=U&video_id=yTYVmVw0bjI

Sumber Berita: http://suarabanyuurip.com/kabar/baca/semburan-sumur-tungkul-bukan-minyak-dan-gas-berbahaya

Facebook Comments