HomeNewsKreasi Lukisan Pelepah Pisang Dari SMPN 3 Jepon

Kreasi Lukisan Pelepah Pisang Dari SMPN 3 Jepon

News Pendidikan Suara Warga 0 1 likes 2.3K views share

kabarblora.com – Salah satu pendekatan pembelajaran yang paling baik adalah pembelajaran berbasis lingkungan. Dalam pembelajaran ini, lingkungan menjadi sumber,obyek dan bahan pembelajaran.

Keunggulannya untuk menumbuhkan kepekaaan, empati dan kepedulian pada lingkungan sebagai dasar penumbuhan kreativitas. Siswa menjadi lebih dekat pada alam dan lingkungan. Itulah salah satu misi yang diemban dalam pembelajaran Kesenian dan Ketrampilan di SMPN 3 Jepon.

“Semester ini kreasi siswa berupa penggunaan pelepah pisang untuk membuat kilas /lukisan tempel,” papar ibu Endang Sri Kristiani sebagai guru pengampu mapel Kesenian.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa keunggulan lukisan kolase berbahan pelepah pisang adalah pada kontur pelepah pisang yang natural dan gradasi seratnya yang eksotis sehingga menghasilkan lukisan yang unik.

Selain itu bahannya mudah didapat sehingga ada keleluasaan untuk mengeksplorasi energi kreatif siswa secara lebih leluasa. Berbicara eksplorasi penggunaan material untuk media seni, ibu guru satu ini telah melakukan beragam penggunaan bahan untuk media seni, misalnya ; seni lukis sandal jepit, seni menghias caping, kreasi dari tongkol jagung dan beberapa karya unik lainnya.

Hasil karya siswa selain di pajang di kelas-kelas juga dikirimkan ke pameran-pameran pendidikan yang difasilitasi Diknas. “Yang terpenting, siswa dapat memahami bahwa seni mempunyai banyak variasi sehingga dari pilihan-pilihan tersebut ada beberapa alternatif yang nantinya menjadi pilihan yang sesuai untuk masing-masing siswa,” imbuh Bu Endang.

Korespondensi di akhiri dengan pemberian kenang-kenangan seni lukis dari sandal kepada Tim Kabar Blora. (timkb)

Jika sekarang pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018, siapa yang Anda pilih ? Vote Sekarang !

  • SUDIRMAN - IDA (56%, 250 Votes)
  • GANJAR - YASIN (39%, 177 Votes)
  • NETRAL/TIDAK MEMILIH (5%, 22 Votes)

Total Voters: 449

Loading ... Loading ...
Facebook Comments