HomeNewsRelawan Demokrasi Pemilu 2019 Hari ini Dibentuk KPU Blora

Relawan Demokrasi Pemilu 2019 Hari ini Dibentuk KPU Blora

News 0 0 likes 740 views share

kabarblora.com – Relawan demokrasi dipersiapkan guna membantu tugas dalam sosialisasi pemilu 2019. Hal itu dijelaskan KPU Blora dalam agenda pertemuan dengan para peserta relawan yang diagendakan diruang pertemuan KPU pada pagi ini, Kamis (17/1) pukul 9.15 Wib.

“Hari ini kita mengundang para relawan demokrasi pemilu 2019. Sebelumnya, kita sampaikan informasi terkait 55 orang peserta kami butuhkan dalam penyelenggaraan relawan yang kami persiapkan,” kata Syaiful Amri divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) Komisioner KPU Blora.

Masih kata Amri, keberadaan relawan demokrasi pemilu 2019 diperlukan sebagai salah satu upaya untuk menekan angka golput pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Program relawan demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Hal ini berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum,” tambahnya

Senada hal yang sama juga disampaikan Muhammad Hamdun, S.Pd.I Ketua KPU Blora, terkait relawan demokrasi pemilu 2019 sebagai upaya yang diarahkan KPU Pusat guna meningkatkan angka partisipasi pemilih.

“Untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih banyak kiat yang dilakukan dan pengerahan relawan adalah salah satunya. Target KPU Pusat, angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 sebesar 77,9 persen,” ungkapnya.

Hamdun menambahkan, relawan demokrasi pemilu 2019 ini dari berbagai peserta se 16 kecamatan di Kabupaten Blora.

“Dibentuknya Relawan demokrasi ini guna membantu kpu untuk menjelaskan mekanisme dan tatacara pemilu serentak 2019,” Imbuhnya.

Selain itu, relawan demokrasi pemilu 2019 dipersiapkan untuk menyasar para pemilih pemula yang cukup banyak jumlahnya. Diharapkan, para pemuda itu ikut berpartisipasi ke tempat pemungutan suara untuk menggunakan hak pilih perdananya.

“Tugas yang kita bebankan pada relawan demokrasi ini prioritas untuk ikut mencegah maraknya berita palsu atau hoax. Terutama bagi anggota relawan yang selama ini sangat aktif berinteraksi dengan media sosial,” Pungkasnya.

 

[poll id=”4″]